Blog Resmi Seksi P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara

11/23/2015

PENCEHAGAN KANKER LEHER RAHIM

Apakah kanker itu?

Kanker adalah pertumbuhan sel yang tidak normal/terus menerus dan tak terkendali, dapat merusak jaringan sekitarnya serta dapat menjalar ke tempat yang jauh dari asalnya yang disebut metastatis. Sel kanker bersifat ganas dan dapat menyebabkan kematian, dapat berasal/tumbuh dari setiap jenis sel ditubuh manusia.

Apakah lehar rahim itu?

Leher rahim adalah bagian terendah dari rahim yang terdapat pada puncak liang senggama (vagina) yang hanya dapat dilihat dengan alat spekulum (berbentuk seperti mulut bebek).

Apakah kanker leher rahim itu?

Kanker leher rahim adalah keganasan yang terjadi berasal dari sel leher rahim.

Apa penyebab kanker leher rahim?

Hampir seluruh kanker leher rahim disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV)/ virus papilloma pada manusia. Virus ini relatif kecil dan hanya dapat dilihat dengan alat mikroskop elektron. Ada beberapa tipe HPV yang dapat menyebabkan kanker yaitu 16 dan 18 (yang sering dijumpai di Indonesia) serta tipe lain 31, 33, 45 dan lain-lain. 

Bagaimana cara mencegah kanker leher rahim?

1. Pencegahan yang utama adalah tidak berperilaku seksual berisiko untuk terinfeksi HPV seperti tidak berganti-ganti pasangan seksual dan tidak melakukan hubungan seksual pada usia dini ( kurang dari 18 tahun)
2. Selain itu juga menghindari faktor lain yang dapat memicu terjadinya kanker seperti paparan asap rokok, menindak lanjuti hasil pemeriksaan Pap dan IVA dengan hasil positif, dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan banyak mengandung vitamin C, A dan asam folat.
3. Melakukan skrining atau penapisan untuk menentukan apakah mereka telah terinfeksi HPV atau mengalami lesi prakanker yang harus dilanjutkan dengan pengobatan yang sesuai bila ditemukan lesi.
4. Melakukan vaksinasi HPV yang saat ini telah dikembangkan untuk beberapa tipe yaitu bivalea (tipe 16 dan 18) atau kuadrivalen (tipe 6, 11, 16, 18). Kendala utama pelaksanaan vaksin saat ini adalah biaya yang masih mahal.

Sumber Gambar : 

http://kankerleherrahim.com/






0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews