Blog Resmi Seksi P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara

12/10/2015

PERTEMUAN DAN SOSIALISASI PEMBERIAN OBAT MASSAL PENCEGAHAN (POMP) FILARIASIS TAHUN KE-3 KAB. PENAJAM PASER UTARA

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Penajam Paser Utara membuka acara dan memberikan arahan

Penajam Paser Utara - Filariasis masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Kabupaten Penajam Paser Utara, karena Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan wilayah endemis filariasis dengan ditemukannya 12 penderita filariasis yang telah diberikan pengobatan pada tahun ke-3 hingga 2015 di wilayah kerja Puskesmas. Seksi P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara mengadakan Pertemuan dan Sosialisasi Pemberian Obat Massal (PMOP) Filariasis Tahun Ke-3 Rabu (9/12) di Hotel Kalimantan. Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala UPT Puskesmas, Dokter, dan Petugas Kesehatan yang tergabung dalam tim pelaksana Pemberian Obat Massal Pencegahan (POMP) Filariasis yang telah dibentuk sesuai Surat Keputusan (SK) di wilayah kerja Puskesmas masing-masing. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, dr. Arnold Wayung, MM dalam sambutannya mengharapkan kepada seluruh Puskesmas untuk meningkatkan target sasaran minum obat filariasis dari tahun ke tahun agar dapat menekan jumlah penderita filariasis walaupun dengan anggaran yang sangat terbatas tidak menurunkan semangat petugas dalam melaksanakan pencegahan filariasis di kabupaten Penajam Paser Utara.

Kegiatan ini diisi dengan materi Program Eliminasi Filariasis di Indonesia yang disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, H. Ammas Alie, SKM, M.Kes yang dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang pengobatan filariasis yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pengendalian Penyakit (P2), dr. Eka Wardhana.
  
Dari kegiatan ini didapatkan kesepakatan antara Dinas Kesehatan dengan seluruh UPT Puskesmas se-Kabupaten Penajam Paser Utara untuk melaksanakan pengobatan filariasis secara serentak pada tanggal 17 Desember 2015. Pengobatan dilaksanakan di 54 pos filariasis se-kabupaten yang tersebar di wilayah kerja UPT Puskesmas masing-masing. Dengan promosi menggunakan spanduk yang terpasang diseluruh Pusban dan Polindes. (Tut/Sar).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews