Blog Resmi Seksi P2 Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara

10/05/2015

Peresmian POSBINDU Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara

dr. Arnold Wayong, MM (kanan) dan H. Ammas Alie, SKM, M.Kes (kiri) dalam Peresmian POSBINDU PTM
Penajam 10 April 2015

Penajam Paser Utara - dr. Arnold Wayong, MM selaku Kepala Dinas Kesehatan Kab. Penajam Paser Utara meresmikan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) untuk kalangan Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara di ruang pertemuan Dinas Kesehatan pada jumat (10/04). Kepala Dinas Kesehatan menyambut baik kegiatan Posbindu PTM sebagai bentuk deteksi dini terhadap penyakit-penyakit degeneratif yang saat ini semakin meningkat. Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap bulannya pada minggu pertama.

Kegiatan Posbindu  PTM bertujuan meningkatkan peran serta pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM khususnya dilingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara. Saat ini penderita penyakit tidak menular seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker tidak mengenal usia dapat diderita diusia muda maupun muda. Faktor resiko bersama PTM harus di monitoring secara rutin dan periodik. Melalui Posbindu dapat dilakukan konseling faktor resiko PTM tentang diet, aktifitas fisik, merokok, stress dan lain sebagainya. 

Dalam pelaksanaan Posbindu PTM Seksi P2 juga merangkul segala bidang di Dinas Kesehatan untuk membantu pelaksaan seperti Konseling Gizi yang melibatkan Kepala Seksi Gizi, permintaan untuk peralatan pemeriksaan kolesterol, asam Urat dan gula darah kepada Seksi Farmasi dan bidang-bidang lainnya. Melalui Posbindu dapat di deteksi bila terdapat pegawai yang memiliki kriteria harus dirujuk, sesegeranya dirujuk ke Puskesmas dengan terlebih dahulu memotivasi agar mau dirujuk ke Puskesmas. Sehingga PTM dapat segera dikendalikan. (min)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews